Minggu, 07 Agustus 2011

Cegah Infeksi Cacing Parasit Dengan Sex

pasangan (corbis.com)



Sebuah temuan menjelaskan, reproduksi seksual membutuhkan dua jenis kelamin agar lebih tahan.

Kakong - Bagi sebagian besar orang, hubungan seksual dan parasit bukanlah dua hal yang bisa disandingkan. Tetapi, menurut penelitian terbaru, cacing parasit merupakan penyebab munculnya hasrat seksual dan hubungan intim yang kita kenal saat ini.

Dari laporan PsyOrg, ahli biologi dari Universitas Indiana menegaskan bukti adanya 'hipotesis Ratu Merah'. Yaitu, manusia bereproduksi melalui hubungan seksual untuk menjaga agar parasit mematikan tak mengancam keberadaan mereka.

Menurut ahli, reproduksi seksual melalui fertilisasi silang merupakan evolusi untuk mencegah kuman dan parasit menginfeksi tubuh mereka. Dengan begitu, manusia berada satu langkah di depan pertumbuhan parasit.
Temuan menjelaskan, reproduksi seksual membutuhkan dua jenis kelamin agar lebih tahan kuman. Dan, hanya satu kelamin yang akan menghasilkan keturunan.
Menurut makalah yang diterbitkan di jurnal 'Science', cacing Caenorhabditis elegans memaksa manusia berevolusi dan memerlukan mitra bereproduksi. Sebab, bila manusia dapat membuahi diri sendiri parasit, ini akan lebih mudah menghancurkan kekebalan tubuh lebih mematikan dibandingkan bila manusia bereproduksi seksual.

0 komentar:

Posting Komentar